Monday, September 7, 2009

Hari Itu 10 Tahun yang Lalu

Dahulu, semasa menyantri di Gontor, saya tidak menyangka akan bisa keluar dengan utuh. Saat itu saya bahkan sering berpikir betapa lamanya menyantri di pondok. Berapa tahun lagi saya bakal lulus dari penjara suci ini? Setahunkah, dua tahunkah, atau bahkan tiga tahun. Sungguh saya tidak benar-benar bisa memastikan hal tersebut, sama seperti hari itu. Ahad, 6 September 2009. hari  ketika saya sadar, bahwa ternyata sudah lebih dari 10 tahun saya telah lulus dan menyandang predikat alumnus. Waktu benar-benar ajaib.

Bermula dari kumpul-kumpul kecil sesama alumni yang tinggal di daerah Jabodetabek, tercetuslah ide untuk mengadakan kumpul bersama angkatan 99, bluegeneration. Sebagai shahibul bait Asfriyansyah merelakan ruang keluarganya di bilangan Kali Malang digunakan sebagai tempat tajammu' bagi 20 orang semarhalah. Tidak terlalu banyak, karena memang ini hanya reuni kecil-kecilan saja. Meskipun demikian, bukan berarti kumpul-kumpul ini tanpa makna. Bagi saya, setelah satu dekade tidak pernah bertemu, bersenda gurau, dan tertawa dalam satu momen khusus, pertemuan ini rasanya seperti meneguk air segar di gurun yang tandus. Inspiring.

Sebagaimana lazimnya pertemuan di bulan Ramadhan, acara ini di awali dengan buka puasa bersama yang kemudian dilanjutkan dengan shalat Maghrib berjamaah. Usai shalat, kami pun menyantap nasi bungkus plus bebek goreng dengan sambal pedas yang rasanya kok mirip-mirip dengan shalathah rahah di pondok dulu. Super duper hot!!! kejutan menarik, karena setelah itu suasana memang semakin akrab saja. Saling bertukar pikiran, tentang pekerjaan, status nikah, hingga kawan-kawan yang belum sempat bertemu.

Satu berita sedih, kawan lama Saadi telah berpulang ke rahmatullah, semoga amal perbuatannya diterima di sisiNya. Kawan yang kini tengah mengalami musibah sakit keras A. Furqon, semoga Allah meringankan penyakit dan memberikan kesembuhan bagi dirinya. Demikian pula mereka yang namanya tidak dapat disebutkan satu persatu dari anggota marhalah ini, semoga Allah selalu bersama dan menjaga mereka di dunia dan akhirat.

Wal ahammu, al-baqiyuna al-shalihuna min hadzihi al-marhalah, semoga bisa menyusul mereka yang lebih dahulu telah membina keluarga, amin.. Semoga sepuluh tahun lagi, kalau Allah berkenan, kita bisa berkumpul bersama dengan jumlah yang sepuluh kali lebih banyak, suasana yang sepuluh kali lebih meriah, dan kekacauan yang sepuluh kali lebih ramai karena banyak anak-anak kecil yang berlarian ke sana kemari sedang orang tua mereka sibuk tajammu' bersama. Hehe...

FYI, insya Allah, program kumpul bersama ini akan dilangsungkan lebih rutin, sekitar tiga bulan sekali. Bagi yang ingin gabung, bisa menghubungi saudara Jamiluddin atau bergabung di milis  BlueGeneration_699@yahoogroups.com dan forum Facebook.

Ayo bluegeneration99, bisa!

0 comments:

  © Blogger template 'Fly Away' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP